Event of The Year : Hypertension “Let’s Control our Numbers!”

Event of The Year atau disingkat menjadi EOTY merupakan program kerja sosial terbesar yang dibuat oleh AMSA-Indonesia dengan tema yang berbeda di setiap tahunnya. Acara ini akan diadakan di seluruh AMSA-universitas anggota AMSA-Indonesia, yaitu 30 universitas, dengan konsep yang sama dalam jangka waktu tertentu. Tahun ini dengan bangga kami mengangkat tema hipertensi untuk EOTY tahun 2017.

Hipertensi adalah kondisi terjadinya peningkatan tekanan darah sistolik lebih dari 140 mmHg dan/atau diastolik lebih dari 90 mmHg. Hipertensi merupakan penyakit yang berbahaya karena sering timbul tanpa disertai dengan gejala sehingga sulit terdeteksi dini. Selain itu, apabila tidak terkontrol hipertensi dapat menyebabkan komplikasi yang mematikan seperti stroke, aneurisma, gagal jantung, angina pectoris, infark miokard, retinopati, gangguan fungsi ginjal dan lain- lain.

7.jpg

Hipertensi merupakan penyakit yang mungkin saat ini sudah tidak awam lagi di mata masyarakat, namun faktanya berdasarkan hasil Riset Kesehatan Dasar tahun 2013 menunjukkan, prevalensi hipertensi di Indonesia secara nasional mencapai 25,8%  dan hasil Survei Kesehatan Rumah Tangga (SKRT) tahun 2015 menunjukkan prevalensi hipertensi di Indonesia mencapai 37%. Hal ini menunjukkan bahwa kesadaran masyarakat  mengenai bahaya hipertensi masih rendah. Banyak masyarakat yang datang ke pusat kesehatan setelah terjadi komplikasi. Ketidaksadaran inilah yang menyebabkan kematian akibat hipertensi di Indonesia sangat tinggi. Menurut Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kementrian Kesehatan tahun 2014, hipertensi merupakan penyakit penyebab kematian nomor 5 tertinggi di Indonesia. Dan merujuk data Indonesian Society of Hypertension, tingkat kematian akibat Hipertensi di Indonesia pada 2013 mencapai 25,8 persen.

Sehingga melalui EOTY ini, AMSA-Indonesia ingin mengajak masyarakat untuk lebih peka dan peduli akan bahaya hipertensi melalui AMSA-universitas di setiap daerah sehingga diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya mengetahui angka tekanan darah secara rutin dan mengontrolnya dengan modifikasi gaya hidup yang lebih sehat sehingga mampu mengurangi prevalensi hipertensi dan mengurangi angka kematian akibat hipertensi di Indonesia. EOTY AMSA Universitas Diponegoro tahun ini diselenggarakan pada tanggal 14 Mei 2017. Penyelenggaraan salah satu kegiatan tahunan AMSA yang pada tahun ini mengangkat  tema hipertensi dilaksanakan di Desa Jabungan Tembalang, Semarang.

Melalui Community Outreach AMSA-Undip bekerjasama dengan pengmas HIMA-KU FK Undip, dokter-dokter lulusan FK Undip yang juga merupakan alumni AMSA Undip, serta pihak desa Jabungan. Persiapan kegiatan EOTY AMSA Universitas Diponegoro dimulai dengan pemberian materi kepada peserta dari AMSA-Undip yang nantinya akan melakukan penyuluhan dan sekaligus memeriksa tekanan darah para penduduk desa setempat. Materi tersebut bersumber dari Webminar Hipertensi yang diadakan Universitas Atma Jaya. Selain itu, diadakan pelatihan senam bagi para anggota Pengmas HIMAKU FK Undip yang juga membantu memimpin kegiatan senam bersama para warga. Total peserta EOTY AMSA Undip berjumlah 140 warga, yang meliputi 110 warga yang diukur tensinya dan 30 warga yang mengikuti acara senam. Sementara dari AMSA-Undip sebanyak 50 Peserta.

S__27091756.jpg

Pelaksanaan acara diawali dengan kegiatan senam bersama para warga dan peserta kegiatan. Setelah kegiatan senam dan ramah tamah bersama warga selesai, dilanjutkan dengan kegiatan door to door dimana para peserta kegiatan dari anggota AMSA Universitas Diponergoro mengunjungi rumah-rumah warga untuk melakukan pemeriksaan dan memberikan informasi mengenai hipertensi beserta cara pencegahannya. Kegiatan Senam Bersama memang sudah rutin dilakukan oleh pihak Pengmas HIMAKU FK Undip. Namun yang menjadikannya berbeda dengan senam rutin lainnya adalah, rangkaian senam tersebut menjadi penutup senam sebelum mulai ibadah Puasa. Sehingga selain dari warga yang lebih ramai juga dilanjutkan dengan acara lainnya seperti kerja bakti bersama. Beberapa member AMSA-Undip juga turut serta membantu warga dalam kerja bakti tersebut. Dalam kunjungan ke rumah warga tersebut, juga dibagikan 1 lembar CFC yang diharapakan dapat menjadi acuan warga untuk dapat menjaga serta mengontrol tensi mereka. Selain itu, dibuka pula stand di dekat tempat senam untuk memudahkan warga yang ingin mengecek tensi

4.jpg
Senam bersama dengan warga desa Jabungan, Semarang bekerja sama dengan bidang Pengabdian Masyarakat HIMA-KU Undip
3.jpg
Medical Checkup gratis yang berlokasi di rumah Ibu Darsini, yang meliputi : pengecekan tensi, dan kondisi umum
2.jpg
dr. Ocie Savitrie (foto) dan dr. Jacob Bunyamin yang merupakan mantan Representative AMSA-Undip yang ikut membantujalannya acara EOTY

Bentuk kegiatan lain yang ada dalam EOTY AMSA Universitas Diponegoro tahun ini adalah berupa tenda pengecekan tensi dan konsultasi dokter yang bertempat di rumah Ibu Darsini, salah satu warga di desa Jabungan. Warga-warga yang sekiranya memiliki tensi cukup tinggi dan membutuhkan terapi farmakologis, diminta untuk dapat hadir ke tempat tersebut. Di rumah Ibu Darsini terdapat 2 dokter yang siap melayani warga dan memberikan pelayanan terbaiknya. Dokter-dokter tersebut antara lain adalah dr. Oci Savitrie dan dr. Jacob. Banyak warga yang datang dengan kondisi tensi yang tinggi sehingga diberikan obat-obat penurun tensi sesuai resep yang diberikan oleh dokter, antara lain : amlodipin dan HCT. Namun tak sedikit warga yang datang karena hanya ingin sekedar berkonsultasi baik masalah tensi maupun penyakit lainnya. Warga yang datang dengan tensi normal dan kondisi kesehatan baik diberi vitamin untuk menambah daya tahan tubuhnya serta edukasi untuk mencegah hipertensi.

1.jpg

Written by :

Johanes Jethro Nugroho, Secretery of Community Outreach AMSA-Undip 2017/2018