SWEET : “Strong Women Empowerment and Educational Training”

Angka Kekerasan Dalam Rumah Tangga semakin tinggi di Semarang, namun masih banyak kasus yang dialami oleh korban tidak dilaporkan. Kami mencoba mengenalkan aspek medikolegal dari manajemen trauma serta cara-cara medis alur pengobatan sebelum dibawa ke Rumah Sakit.

SWEET : Strong Women Empowerment and Educational Training diadakan dalam rangka memperingati hari Kartini yang jatuh pada 21 April 2017. Melalui Community Outreach AMSA-Undip bekerjasama dengan Cynthia (2014), Fildzah Ayu (2014), Seruni Kota Semarang dan Dokter-Dokter Bagian Forensik RSUD Kariadi mengadakan acara yang bertema “Manajemen Trauma”. Lalu kami mengundang ibu-ibu yang tergabung dalam Seruni, sebuah organisasi perempuan di Semarang yang bergerak di bidang anti kekerasan untuk mengikuti Seminar serta Workshop sesuai dengan tema yang sudah kami pilih.

5.jpg
dr. Tuntas Dhanardhono,M.Si. Med. saat memberikan seminar mengenai aspek medikolegal dari manajemen cedera

Pertama-tama acara dibuka dengan Seminar mengenai Aspek Medikolegal dari Manajemen Cedera yang dibawakan oleh dr. Sigid Kirana Lintang Bhima, Sp.F. Lalu, dilanjutkan dengan pengarahan Workshop mengenai Manajemen Cedera yang Baik oleh dr. Tuntas Dhanardhono,M.Si. Med.

3.jpg4.jpg

Setelah itu, Ibu-Ibu peserta bersama anggota Community Outreach AMSA-Undip nantinya akan mempraktekannya pada pasien coba yang telah di persiapkan oleh dr. Intarniati Nur Rohmah, Sp.F. M.Si. Med. Pasien cobanya telah dipersiapkan sesuai bentukan luka yang telah ditentukan sebelumnya dari skenario-skenario tertentu. Terdapat 5 skenario dengan 5 bentuk luka yang berbeda serta pasien coba yang berbeda. Lukanya bermacam-macam dari mulai luka lebam atau trauma benda tumpul, luka bakar, luka sayatan, dan fraktur. Lalu, dengan sistem bergantian sesuai kelompok yang sudah dibagi, masing-masing kelompok diberikan waktu untuk penanganan atau manajemen trauma tersebut1.jpg

Written by :

Johanes Jethro Nugroho, Secretary of Community Outreach AMSA-Undip 2017/2018

Author: AMSA-Undip

The publication(s) of AMSA-Undip account is regulated by the Pubication and Promotion AMSA-Undip 2017/2018

Leave a comment