NLT 2017 : HECTIC “Health Care to Exigency Condition”

National Leadership Training (NLT) adalah salah satu dari 5 acara AMSA berskala Nasional. Setiap tahunnya, NLT diadakan di kota yang berbeda. Sesuai namanya, acara ini bertujuan untuk melatih leadership pesertanya yang merupakan delegasi dari seluruh universitas anggota AMSA-Indonesia, agar menjadi pribadi yang dapat mengorganisir diri dan organisasi secara efektif dan efisien. Pada tahun 2017, yang berkesempatan menjadi tuan rumah NLT adalah Universitas Trisakti, Jakarta. NLT  2017 mengusung tema ‘HECTIC’, yaitu Health Care to Exigency Condition.

Pada Jum’at malam, 28 April, 8 orang delegasi AMSA-Undip sampai di Jakarta. Sedangkan 3 delegasi lainnya sudah sampai terlebih dahulu untuk melakukan Bidding National Event, dan 1 delegasi menyusul keesokan paginya. Pada malam itu juga diadakan Welcoming Party yang diikuti oleh seluruh delegasi peserta NLT 2017 yang bertempat di Museum Bahari. Disini, selain para delegasi disambut dan saling berkenalan satu sama lain, juga diadakan perkenalan dari 2 calon Regional Chairperson AMSA-Indonesia berikutnya, menggantikan RC sebelumnya yaitu Ananta Siddhi Prawara. Untuk memecah suasana ngantuk (mengingat hari sudah malam dan sebagian delegasi sudah lelah karena menempuh perjalanan cukup panjang untuk sampai ke Jakarta pada hari itu), panitia juga memberikan ice-breaking session dengan games-games yang seru. Setelah Welcoming Party berakhir, semua delegasi dimobilisasikan menuju ke Bumi Perkemahan Ragunan untuk beristirahat di tenda yang sudah dipersiapkan.

 

5.jpg
Delegasi AMSA-Undip saat menghadiri welcoming party yang diadakan di Museum Bahari, Jakarta

Sabtu pagi, pukul 04.00 WIB adalah morning call untuk para delegasi. Setelah melakukan beberapa persiapan, delegasi berkumpul di lapangan Bumi Perkemahan Ragunan sesuai kelompok dan melakukan sarapan bersama. Kemudian, masing-masing kelompok berjalan menuju pos masing-masing untuk menerima materi ‘Emergency Relief Training’ oleh PMI DKI Jakarta. Pada pagi itu, delegasi belajar banyak hal terkait dengan pertolongan pertama terhadap kondisi darurat. Antara lain : Resusitasi Jantung Paru; Pembalutan Luka dengan Mitela; Pembidaian; dan Penatalaksanaan Evakuasi. Delegasi juga diajak untuk mempraktekkan materi yang didapat secara langsung dalam sesi Simulasi setelah materi. Setelah acara selesai, delegasi dimobilisasikan menuju Grand Tropic Hotel untuk beristirahat dan mempersiapkan diri untuk acara malam harinya, yaitu Farewell Party. Farewell Party ini diadakan di Marina Batavia Restaurant, dan suasananya sangat meriah. Semua delegasi berdandan rapi, dan saling bercengkerama dengan delegasi lainnya. Disini, diumumkan juga siapa yang menjadi best delegate, dan ada beberapa penampilan persembahan dari Usakti selaku tuan rumah. Kemudian delegasi kembali ke hotel, dan sebagian delegasi mengikuti RTM untuk membahas hasil Bidding National Event yang telah dilaksanakan pada hari pertama.

4.jpg
Pemberian materi ‘Emergency Relief Training’ oleh PMI DKI Jakarta di Perkemahan Bumi Ragunan
3.jpg
Simulasi pelatihan Resusitasi Jantung Paru; Pembalutan Luka dengan Mitela; Pembidaian; dan Penatalaksanaan Evakuasi.

Last day! Hari Minggu pagi, para delegasi kembali dibangunkan (morning call) dan melakukan persiapan serta check out dari hotel untuk kegiatan terakhir : Social Act. Seperti sebelumnya, delegasi kembali dibagi menjadi kelompok acak untuk kemudian turun ke Car Free Day kawasan Monas hingga Bundaran HI untuk melakukan Social Act di 4 Pos yang sudah dipersiapkan. Materi yang dikampanyekan ke warga yang sedang ber-CFD adalah : Road Safety, meliputi alat perlindungan diri yang harus dikenakan ketika berkendara, dan cara agar selamat berkendara. Tak lupa juga, hari ini diumumkan hasil RTM semalam. Dan, untuk Bidding acara National Action Event 2017 dimenangkan oleh Universitas Diponegoro (yeay ^^). Kemudian setelah Social Act berakhir, delegasi diantar ke Auditorium FK Usakti untuk melakukan Small Group Discussion (SGD) dengan materi All About AMSA. Setelah SGD, acara NLT 2017 resmi berakhir dan para delegasi kembali pulang.

2.jpg
Delegasi dengan pakaian yang anggun dan meriah saat menghadiri farewell party NLT 2017 di Marina Batavia Restaurant

Finally, kami kembali ke Semarang dan bisa berbagi cerita ini untuk teman-teman semua. Secara keseluruhan, acara ini sangat seru, karena selain kita bisa belajar banyak hal baru, kita juga bisa menambah relasi dari AMSA universitas tetangga. Keuntungan ikut NLT? Hmm nggak bisa disebutin satu-satu deh, kebanyakan. Kalo kerugian? Nothing at all! Jadi, untuk yang masih kepo dan pengen ngerasain National Event AMSA lainnya, jangan lewatin kesempatan-kesempatan yang ada! Dan buat kalian yang jenuh sama dunia perkuliahan yang super duper padat haqiqi, bisa join juga karena National Event begini pasti akan sangat refreshing our minds J We are waiting for your contributions. So, are you ready to join AMSA-Indonesia’s National Events ahead?

1.jpg

Daftar Nama Delegasi   :

  1. Ananta Siddhi Prawara (2014)
  2. Albertus Johan Edy (2015)
  3. Johanes Jethro (2015)
  4. Nada Klarissa (2015)
  5. Fathiya Khansa (2015)
  6. Salma Melati P. (2015)
  7. Nabila Adzhana (2015)
  8. Cindy Wijaya (2015)
  9. Hillary Kusharsamita (2015)
  10. Epifani Angelina Chandra (2016)
  11. Desiyana Evelyn (2016)
  12. Raisa Dzata (2016)

Written by :

Raisa Dzata, AMSA-Undip’s CoD for NLT 2017

Author: AMSA-Undip

The publication(s) of AMSA-Undip account is regulated by the Pubication and Promotion AMSA-Undip 2017/2018

Leave a comment